Cara Sharing File di Windows Vista/Seven dan XP


Posisi ane sekarang lagi dikantor, mau download Samurai-X Full Episodes dari situs http://www.sinema-21.com/series-samurai-x-rurouni-kenshin-complete/, maklum dirumah belum bayar internet. Ceritanya gini, ane dipinta sama kawan ane buat share folder di notebook ane untuk diambil kawan ane. Finnaly ilmu dari babe ane terdahulu ane keluarin lagi :hammer. Kotak-katik sana sini ternyata kagak bisa! :cd. Kenapa ga bisa? Karna posisi notebook yang mau ane share foldernya memakai Windows 7. Astagfirullah, ribet bener, banyak notifikasi kagak jelas, yasud ane mutusin buat searching di mbah Google dengan keyword “Cara Sharing FIle di Windows Seven”, alhasil ane dapet blog urutan pertama dari mbah Google yaitu http://ragielcomputa.wordpress.com/2010/04/18/cara-sharing-file-di-windows-vista-dan-xp/

Berikut caranya:

Cara Share Folder di Windows Vista/Seven dan XP

Cara Share Folder di Windows Vista/Seven dan XP

Yang make Vista pasti pada kebingungan, kok nggak bisa sharing folder/ printer ya ?
Biasanya keluar pesan “You Don’t Have Permission to Acces bla..bla..bla..” atau “acces denied bla..bla..”
Penyebabnya adalah NTMLv2, protokol keamanan terbaru yang dianut oleh Vista, sedangkan XP memakai NTMLv1.
Nah untuk menangani hal diatas, ikuti pelan-pelan petunjuknya ya :
1. Terlebih dahulu kita disable UAC (supaya gak ribet, yang selalu keluar notice untuk kita mengijinkan melakukan suatu perubahan system)
– Pada start menu Run ketik “msconfig” (tanpa tanda petik) atau mau lebih cepat langsung ketikan pada addres bar
– Pilih tab “tools”
– Cari tulisan “Disable UAC” (pada Windows Vista) dan “Change UAC Settings (pada Windows 7)” tanpa tanda petik), lalu klik “Launch”
– Akan keluar command prompt (pada Windows Vista) untuk Windows 7 tidak terjadi apa-apa.
– Exit – Restart PC kita
2. Langkah men-disable NTMLv2 :
– Pada addres bar ketik “secpol.msc” (tanpa tanda petik)
– Klik “Local Policies”
“Security Options”
– Cari tulisan “Network Security: LAN Manager Authentication Level” Klik 2x (Properties)
– Pilih “Send LM & NTLM – Use NTLMv2 session security if negotiated”, klik ok
3. Masih pada “Security Options”, cari tulisan “Network Access: Let Everyone Permissions Apply to Anonymous Users” lalu ubah value menjadi “Enable”
– Lalu cari tulisan “Network Access: Restrict Anonymous Access to Named Pipes and Shares” ubah value menjadi “Disable”


4. Yang terakhir klik kanan folder/ drive yang udah di sharing—Properties
– Pada Dialog Properties klik tab “Security”
– Klik tombol “Edit” lalu “Add”
– Tulis “Everyone” (tanpa tanda petik) lalu OK

Selamat mencoba

 

Sumber: Sini

Comments
5 Responses to “Cara Sharing File di Windows Vista/Seven dan XP”
  1. hermn leftungun says:

    mas gimana yah mengatasi user name dan pasword. soalnya setiap kali aku buka workgroup di komputer server komputer cliennya selalu minta user dan pasword aku pusing nih mas bantu aku dong mas, lewat email aku aja ya!!! makaci!!!

    • kalo setau ane sih gan, ane blm nemuin caranya jika kita menshare file dari Window* 7/Vist* ke Window* XP tanpa harus memasukan Authentication usernam dan password, tapi pengalaman ane sih kalo mau share dari Vist*/7 ke XP, mendingan agan buat dulu password account agan di Vist*/7 terserah apa aja, trus begitu Window* XP meminta password, tinggal masukin username dan password yang sudah di buat tadi.
      Nb: inget username samakan dengan yang di pakai oleh Window* Vist*/7 agan.

    • dillaree says:

      cara 1 :
      setting username & passwd komputer ente disamakan dengan username & passwd yang digunakan dalam workgroup.

  2. Bocah Getas says:

    mampir nich…
    saya suka dengan blog anda….
    oh ya,,, ada sedikit info nich tentang kayu jabon dan bibit jabon..
    semoga bermanfaat…🙂

Leave a Reply

