PROFIL TATANG S (TATANG SUHENRA) – PENGARANG KOMIK PETRUK GARENG


Iseng ah pagi-pagi posting dulu.

Ga sengaja lagi ngaskus, ternyata ada trit yang berjudul Gambaran SIKSA NERAKA [+Pic Jelas] g kuat jgn masuk yang TSnya bernama muhfachrizal. Eh ga taunya trit tersebut diambil dari komik 1000-an jaman gw sekolah SD :hammer. Tapi jangan liat harganya gan, melainkan lihat isinya, buat renungan akan siksa api neraka kelak. Mungkin ini sangatlah jauh diluar dugaan kita semua, tapi ya ga ada salahnya untuk pengingat bahwa adzab akhirat itu pasti ada. Tiba-tiba gw tertarik pengen tau profil tentang pengarang komik Gambaran Siksa Neraka ini. Kalau gw pikir komik ini pengarangnya kang Tatang S. Soalnya dilihat dari cara penulisannya dan gambarnya ga jauh beda sama komik Petruk-Gareng. Alhasil gw carilah pengarang buku tersebut dan ternyata benar pengarangnya masih sama yaitu kang Tatang S. Mungkin kang Tatang bekerja sama dengan orang lain, tapi tetep ide gambar kang Tatang yang membuatnya. Berikut profil yang sempat gw kutip dari blog-blog tetangga dan gw edit kembali.

Bagi anda yang mengalami masa remaja era 80-90 tentunya mengenal komik lokal yang satu ini, yaitu Komik Petruk Gareng karya Tatang S. saya Tertarik membuat artikel Profil Tatang S – Pengarang Komik Petruk Gareng, karena ceritanya yang ringan, lucu dan terutama harga komiknya yang murah (hehehe..). Setelah saya telusuri ternyata awal perjalanan Komik dan pengarangnya ini menarik untuk disimak.

Tatang.S

Tatang.S

Tatang S bernama lengkap Tatang Suhenra. Pada tahun 1970-an, kabarnya, ia pernah menjadi komikus yang bayarannya paling tinggi di Bandung. Ketika itu, ia dikenal sebagai komikus cerita-cerita silat. Karena ambisinya dalam mencipta komik sangat besar, tidak jarang ia sering ‘berbenturan’ dengan rekan-rekannya sesama komikus. Kasus yang menonjol adalah ketika ia terlibat ‘perang komik’ dengan Ganes TH. Ganes merupakan seorang komikus yang kesohor dengan karyanya, ‘Si Buta Dari Goa Hantu’. Pada suatu ketika, Ganes pindah dari sebuah penerbitan. Penerbit tersebut tak terima dan sakit hati dengan kepindahan Ganes. Tak lama kemudian Tatang direkrut oleh penerbit itu untuk menyaingi komik sohor karya Ganes. Tatang lalu membuat komik ‘Si Gagu dari Goa Hantu’ untuk menyaingi ‘Si Buta dari Gua Hantu’-nya Ganes. Lalu apa yang terjadi? Ternyata komik karya Tatang ini cuma beredar sebanyak tiga edisi sampai akhirnya dibredel. ‘Si Gagu dari Goa Hantu’-nya Tatang membuat dunia perkomikan Indonesia gempar. Secara tidak langsung, Tatang telah menjadi korban pemainan penerbit, sehingga karir Tatang sebagai seorang komikus silat hancur

Karir Tatang kembali bersinar setelah ia membuat komik dengan tokoh Punakawan (Gareng, Petruk, Semar, Bagong). Pada 27 April 2003, Tatang S meninggal dunia. Menurut sejumlah rumor yang beredar, ia meninggal karena penyakit kencing manis. Penyakit ini diderita lantaran Tatang, yang sering kerja pada malam hari, ketagihan meminum minuman bersoda. Meski kehidupannya diliputi misteri, Tatang telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk komik Indonesia. Komik Petruk Gareng ini telah menorehkan kenangan tersendiri bagi yang pernah membacanya yang mungkin sekarang usia pembacanya sudah di atas umur 30 tahunan ..😀

Contoh komik yang di buat oleh Tatang S.

Petruk

Petruk

KOMIK-PETRUK-GARENG

KOMIK-PETRUK-GARENG

Kumpulan komik karya Tatang S.

Kumpulan komik karya Tatang S.

Sumber : Sini

Comments
6 Responses to “PROFIL TATANG S (TATANG SUHENRA) – PENGARANG KOMIK PETRUK GARENG”
  1. akbarsanjaya says:

    komiknya mantab-mantab brou… jadi inget jaman SD waktu komiknya masih banyak dijual

  2. sendy song says:

    minta link download nya donk …kangen nih pgen baca komik nya karya tatang s

  3. @magdelablue says:

    aku msh 21 tahun dan aku penggemar komik tatang s. jadi bukan hanya yg umur 30n aja yg suka bacanya gan. sayang ya, komik karya tatang s. gak ada yg nerusin.padahal kisah nya rame2. bikin takut, merenung dan ketawa juga …komplit deh😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: