Nasabah BNI, Berhati-hatilah Dengan Modus Yang Satu Ini.


UPDATE DEMI KEAMANAN DAN KENYAMANAN GW SENDIRI GW MENGHAPUS BEBERAPA INFORMASI PERUSAHAAN KEMARIN KARENA MENGANUT DENGAN PASAL-PASAL YANG ADA DI INDONESIA.

Kebetulan gw punya temen satu kantor orang betawi punye cerite :), kejadiannya begini…

tadi sore pas gw baru sampe kantor, belum juga duduk udah di suguhin cerita tentang masalah si Bang Malik, katanya Dia di telepon dari salah satu karyawati yang mengatasnamakan BNI untuk program barunya  mmmhh….kalau gak salah namanya “BNI rencana pintar”, gw kagak tau dah pintar dari mananya :bingung, kalau akhirnya harus nipu orang² supaya infestasi ke BNI undercover ini :hammers. Cek di mbah google, ternyata banyak sekali keyword tentang penipuan bermodus BNI sekarang ini yang sedang marak-maraknya ada di Jakarta.

Kalau gw bisa simpulkan sih, sebenernya sih memang benar BNI bekerja sama dengan asuransi ini, tapi setelah gw selidiki lagi, jadi asuransi ini cuma mengatasnamakan BNI untuk dapat menipu nasabah-nasabah BNI yang benar.

Berikut ini gw coba sharing, yah itung-itung bagi-bagi pengalaman lah, gw ambil dari blog tetangga, monggo di baca:

“Baz, ini ada orang yang ngaku2 dari BNI mau minta nomer teleponmu, dikasih apa engga enaknya? Takutnya penipuan ini”

“Lah, gimana ceritanya BNI nanya nomer nasabahnya, bukannya sudah ke-record di sistemnya? Jangan dikasih aja, mah. Harusnya BNI punya nomorku, kok bisa malah nelpon ke nomornya mamah.”

Kemaren siang, si mamah menelpon menanyakan apakah perlu saya memberi nomor ke orang yang mengaku dari pihak BNI. Saya bilang gak usah dikasih karena menurut saya yang seperti itu cuma dua kemungkinannya: penipuan atau nawarin kartu kredit/asuransi.

Selang 30 menit setelah itu, saya ditelpon nomor 021 sekian sekian, saya angkat dan bener saja, seorang yang mengaku dari bank BNI yang bicara. Panjang lebar si mbak bercerita tentang program baru yang ditawarkan oleh BNI kepada beberapa orang saja nasabah Bank terpilih. Program itu namanya “BNI rencana pintar”, intinya program menabung jangka panjang (10 tahun) dimana setiap bulannya hanya akan dipotong Rp 186.000,- otomatis dari rekening Taplus kita, dan kalau kita meninggal dunia selama periode program berjalan, akan ada kompensasi untuk itu sebesar 25 juta.

Karena baru pertama kali mendengar nama program tersebut, saya langsung tanya mbah google sambil tetap menelpon.

“lho ini program ko gak ada di situs resminya BNI ya mbak?”

“oh iya pak Albaz, program ini memang masih baru”
“Bapak tidak usah khawatir apakah ini penipuan atau bukan, nanti akan kami berikan nomor kontak resmi, termasuk call center-nya BNI dan bapak bisa kros cek langsung”

Diakhir pembicaraan, benar saja, si mbak memberikan nomor kontak-nya. Dan ketika saya tanya lagi ke mbah google, owalaaah, ternyata nomor kontaknya S** L*** F********.

Ini dia yang musti kita hati2. Orang2 asuransi sudah paham benar kelakuan konsumennya yang akan langsung menutup telepon begitu mendengar istilah2 asuransi, polis, premi, dsb. Dan ini yang terjadi, selama lebih dari 30 menit si mbak panjang lebar menerangkan programnya, tidak pernah meluncur satupun keyword2 tersebut, bahkan nama perusahaannya sendiri “S** L*** F********” jangan harap anda akan mendengarnya.

Yang ditangkap oleh konsumen adalah. “ooh, ini programnya BNI, bukan asuransi”, padahal sodara-sodara, ini adalah justru program beberapa perusahaan asuransi termasuk S** L*** F******** dengan bantuan bank BNI, dan kalau dikatakan program ini masih baru, nyatanya program ini sudah ada sejak tahun 2008 (link). Inilah yang menjelaskan mengapa program ini tidak masuk dalam situs-nya BNI sama sekali (karena sebenarnya ini programnya S** L*** F********). Ini pula yang menjelaskan kenapa mereka bisa mendapatkan nomor kita, bahkan orang tua kita (karena ada kerjasama ini).

Yang paling perlu hati-hati lagi adalah bahwa mereka biasanya akan segera mengajak anda untuk close deal dan menyetujui untuk bergabung dnegan program yang mereka tawarkan tanpa memberi anda waktu berpikir cukup lama. Alasannya klasik: “karena kita hanya menawarkan ke orang2 yang terpilih saja dan tawaran ini hanya satu kali saja, bapak”.

Ya, inilah yang namanya telemarketing. Dan biasanya mereka akan merekam pembicaraan sebagai bukti persetujuan kita. Apakah hal ini kuat di mata hukum? sekuat ketika kita menandatangani di atas materai? Saya sendiri belum bisa menjawabnya.

Tulisan ini dibuat bukan berati saya anti dan benci dengan program2 asuransi seperti ini dan sejenisnya, hanya saja, in my humble oppinion, cara yang dipakai dengan menghilangkan atau menyembunyikan informasi penting yang seharusnya diketahui oleh konsumen seperti di atas adalah cara berbisnis yang gak sehat dan (mungkin) bisa terkena pasal perlindungan konsumen.

So, buat anda para nasabah BNI (dan nasabah2 bank lainnya), waspadalah. Kecuali anda memang tertarik untuk mengikuti program2 seperti ini.

Sumber : Sini

Comments
129 Responses to “Nasabah BNI, Berhati-hatilah Dengan Modus Yang Satu Ini.”
  1. Latifa says:

    Tengkiu informasinya pak…

  2. benn says:

    gw kmrn 2x ditelp.. tapi ngambang dibilang se7 ya nggak di bilang nggak ya se7
    bazz.. gini klo udah terlanjur nyetujuin kan ribet buat ngebatalin..
    seandenya tutup rekening trus bikin rekening baru bisa nggak yaa.. apa masih kepotong tuh.. tiap bulannya yg direkening baru..

  3. reza says:

    Thx infonya gan..
    brusan banget ane jg di telp..
    sisanya sama deh sama komen2 di atas..
    ngomongnya cepet banget.. tadi saya potong karena ada client nelp..
    nanti dia telp lagi jam 11..
    sbnrnya klo di itung 186.000 * 12 * 10 = 22320000
    tp kita dptnya 25juta.. saya lumayan tergiur sih..
    tp dana cairnya kelamaan boo..
    Nice info gan..
    thx

  4. lina says:

    telemarketing-nya gila banget. ngaku2 orang BNI, nelp ke rumah ortu di yogya. karena ngakunya dari BNI dikasihlah no HP-ku. pertama kali nelp nerangin bla..bla..bla. aku bilang kl pikir2 dulu. lagian adikku kerja juga di BNI. aku bilang mau nanya ke adikku, bagus nggak programnya.

    tau nggak, setiap hari ada misscall di HP gw minimal 2x dalam sehari dari nomor telemarketing yang mengaku2 orang BNI. bete banget. mau diomel2in susah…soalnya beraninya misscall doang

  5. three says:

    coba baca link ini dulu gan baru commentt…

    http://www.bni.co.id/BeritaBNI/SiaranPers/tabid/246/articleType/ArticleView/articleId/112/BNI-Luncurkan-Telemarketing-Bancasurance.aspx

    cuma mw share aja klo emang ada program yang namanya itu,,, itu situs resmi BNI ya….

  6. three says:

    disalahgunakan maksudnya gimana gan???

    klo soal ngaku-ngaku atas nama BNI, mungkin juga…..
    tapi belakangan ini yg gw tau greetingnya ky gini
    “halo selamat (pagi/siang/sore) saya (nama telemarketer) dari (nama PT asuransi) yang bekerjasama dengan Bank (nama bank)”

    mereka tetep sounding nama perusahan mereka, meskipun tetap menyebutkan nama bank yg menjadi business partner mereka…

  7. Cancer says:

    Jangan mau jadi klo ditawarin. Gue pny pengalaman ma ni asuransi. Klo abis masa tanggungan kita sampai 17 thn kita juga rugi. Untungnya klo kita meninggal dlm masa tanggungan tsb.Dan klo menutup polis kita sebelum masanya kita hanya akan menerima sekitar 50% nya saja. Namanya rencana pintar, pintarnya buat mereka bukan buat nasabah.

  8. Rommel Abdul Qadir says:

    Terima kasih atas informasinya..beberapa menit yang lalu saya juga menerima telp yang sama dan semuanya persis sama dengan yang bapak ceritakan di tulisan ini…sambil menerima telp dari si mbak petugas yang begitu bersemangat menawarkan program rencana pintar BNI ini saya searching info terkait….

  9. eko sb says:

    terimaksih atas saranya dari teman2, ternyata saya kemarin juga mengalami hal yang sama, saya juga ditelpon dari perusahaan yg mengatas namakn dari BNI yaitu program pintar.. apakah hal tersebut benAR KENYATTAAN atao cuman modus iming2 aja/penipuan? tolong dong kasih saran??? karena kemarin suara saya sudah terlanjur di rekam tanpa saya sadari hal itu tanpa ada keseriusan, dan se akan2 menekan untuk mengikuti program pintar… apa yang harus saya lakukan??? terimakasih.

    • Ane sempat baca di situs apa gitu…ane lupa gan, tapi katanya sih memang benar ada program seperti itu, tapi kayanya kalo menurut cerita yg ane baca, pihak BNI memang bekerja sama dengan salah satu vendor program tersebut, tapi vendor program tersebut menambah udang-undang yang BNI dan Vendor sepakati. Kalo saran ane sih gan, mendingan langsung aja jawab oh mba terima kasih, kemarin saya sudah sempat di tawarkan program pintar ini gitu gan :D

  10. tito says:

    wah bener tu ga saya juga kmarin di telpon,… sama kayak yg di atas..
    tapi gmna ya gan? saya sudah terlanjur setuju? terus untuk membatalkanya gmna? katanya saura saya sudah di rekam…
    kemarin itu saya seperti tidak sadar… saya hanya mengikuti kata2nya dari marketing itu sruh jawab iya atau tidak terus setuju gitu aja gan?
    tolon kasih saranya gan? terimakasih.

  11. nee says:

    terima kasih infonya. Sgt membantu dlm mengambil kputusan :)
    Barusan ane ditelpon juga gan, greetingnya sama. Mbaknya cepet banget ngomongnya, sampe gak bisa di stop :D
    Ane ditelpon sambil googling gan, takutnya penipuan. Sempet mau setuju gan, tapi akhirnya nemu info ini.
    Thanks ya gan :)

  12. enzo says:

    wah bener bro tadi siang ane ditelpon2 ,trus nyari info2 di mbah google e teryata nyangkut di mari,pas di telpon gak bisa jawab pokoe di suruh jawab setuju setuju terus,
    trus katanya sewaktu kita telpon2an dia bilang katan pembicaraan kita di rekam,
    solusinya gimana nie bro terlanjur setuju wie
    apa saya harus ke BNI tanya2 biar di kasih solusi

  13. Yuni says:

    duh gimana ne, sy telat banget tau info ini. baru kemaren juli ditelpon pnjang lebar dan akhirnya diujung cerita saya setuju tp sebenernya masih bingung bgt. nah lo udah kyk gitu kita musti gimana, sebenernya pengen cancel……kty dokumen polisnya mu dikrm 20 harian gt.
    klo mu cancel, qt telpon ke nomor yg dulu nghubungin ato gmn?tolong bantu solusinya…
    makasih

  14. Numpang nimbrung gan.. ane baru aja stengah jam yg lalu di tlp oleh mbk2 yg ngaku dr pihak BNI utk menawarkan yg beginian. Awalnya ane dah curiga, tp nanggung soalnya mbknya hampir stengah jam ngoceh sendiri, jadi ane ikutin aj ap yg di jelasin,, tp ujung2nya ane minta cancelin dulu karena ada masalah dg pihak kantor BNI di kota ane. Jadi mbak2nya tadi menutup tlp dg nada kesel dan buru2. Mikirnya dah muncrat kemane2 eh malah cancel haha… tp disini ane bertrimakasih ma agan berkat info ini … thanks n keep shanring ya gan !!!!

  15. abu elsya says:

    Rekening kantor kami yang di BNI juga kena gitu dech (dari SUN LIFE Asuransi). Sudah 3x (Rp. 176.000,- / tarikan) di debet BNI tanpa persetujuan dari kami. Kemudian kami complain ke BNI, dan bulan selanjutnya tidak ada penarikan. Eeeeh …. lha kok bulan kemarin ada lagi penarikan dari SUN LIFE Asuransi). Kemudian kami complain lagi, dan ternyata HANYA BERMODAL REKAMAN PEMBICARAAN “KATA YA” dari nasabah itu SUDAH BISA memberi wewenang bagi BNI untuk mendebet rekening nasabah. Demikian tadi pembicaraan kami dengan pihak BNI.
    Jadi HATI-HATI lah.

    • Makasih gan atas info barunya, memang harus di waspadai oknum² seperti ini.
      Kaya kemarin jg ane di telpon katanya sih dari Telkoms*l, trus dia bilang kalo ane dapet 1 buah sepeda motor + uang sebesar Rp. 5.000.000
      dari logatnya sih kayanya orang batak gan (no offense :Peace:), trus dia bilang kalau dia Direktur dari PT…(lupa namanya), ya ane ga percaya begitu aja, ane bilang nanti ane tlp operatornya dlu, eh dia malah marah-marah. Sorry ane blm sempet share dimari, Pokoknya keep safety from oknum² ga jelas yang coba menjatuhkan nama perusahaan² yang memang tidak seperti itu.

      • Viva says:

        Saya juga terima telp dari orang yang ngakunya dari PT Something2 (lupa namanya) yang kerja sama dengan T*lk*msel. Untuk acara ultah perusahaannya yg ke berapa gitu (lupa), ada program bagi2 hadiah.
        Saya dibilang peringkat ketujuh dan dapat sejumlah hadiah. Saya tanya kok bisa dapat, padahal saya gak pernah daftar apa2. Eh, bapak2 di ujung telepon itu malah marah2. Langsung saya tutup aja. Haha. Gilaks.

  16. RIZZAL says:

    wah thanks Gan Ane baru aj di Telpon udan Sempet setuju baru diwawancarai pe tahap kesehatan bisa diCencel ya Gan….???solusi dong…

  17. nunik says:

    wahh,, baru baca nih gan
    terus gimana cara cancelnya krn sudah terlanjur daftar ??

  18. rossi says:

    Wah…untung sy nemu info ini,barusan sy jg ditelp, tapi sy blg “pikir2 dulu,nanti sore ‎​☎ lagi aja” krn seenaknya aja,mbak2nya kaya maksa bgt spy “deal” detik itu jg, sy jg ikut asuransi perush. Lain tp ngga gini2 amat caranya, sy blg gitu jg ke mbak penelpon tadi, sy blg jg “biarpun cuma 186rb, tapi itu kan namanya duit jg mbaaak, ngga bisa seenak2nya gitu dong” hahahaha untung aja sy ngga gampang percaya orgnya ya…,btw †ĥх bgt nih info nya yaaa….

  19. Christine says:

    wah, saya baru aja ditelpon, br sampe tahap wawancara kesehatan jg. pas saya bilang ada sakit, dia blg mau di selidiki dulu, nanti di telpon lagi xD trus lgsg deh saya googling… lagian br inget tabungan BNI saya mau ditutup krn cabangnya di daerah kejauhan >.< selamat deh.. thx infonya gan..

  20. Nurina says:

    kadang sebel juga sih sama mereka petugas asuransi itu lho, udah di tolak tapi kog maksa banget gitu ya.

  21. adiferd says:

    wah, maaf mau nanya nih.. kebetulan saya ditelpon kemaren2 dan bilangnya setuju.. prosedur pembatalannya ada yang tau ga? ada yang bisa bantu dan ngasi saran? makasi

      • skolastika says:

        saya jg dah terlanjur blng setuju, pas mau batalin lewat telfon g diangkat, lewat email g di balas.
        Dan begitu mau nabung eh udah kepotong uang saya sebesar 186.000.
        buat temen2 yg terlanjur blng setuju, dan ingin melakukan pembatalan, sblm 21 hari dr hari penelfonan segera melakukan pembatalan, jika lewat telfon tidak berhasil,langsung aja ke bank BNI nya.
        saya nya telat ke BNI sih, jd nya pemotongan dr pihak SUN LIFE tersebut tidak bisa saya ambil kembali. jadinya hangus deh 186.000 nya…hemmmmmmmmmmm…

  22. cuing says:

    aduh gan… saya baru 4 jam td kena modus yang satu ini… tolong kasih solusinya,gmn cra cancelnya.. pleace btuh pncerahannya…. :(

  23. edja says:

    gue udah lima kali ditelpon ma tu penipu
    tapu ga mempan
    hahaha

  24. Cinta Kharisma says:

    Duh Gan,, brusan sy dpt tlp ngakunya c pihak BNI,, Pertama nawarin Program Perlindungan (Inti ny c Asuransi).. Tuch bnr g c…??? Mn mbk2 ny td nerocos melu2 ampek g ad titik koma ny klo lg ngomong,, Dy jg nanyain no KTP, Alamat rmh, nma Ortu, ma tgl lhir.. Trs dy jg blng klo ad pemotongan 76.000-/bln klo ikut progrm itu.. Td ny c blng “setuju” ampek 2x krn ny mbk2 ny nerocos trs sy mulai g yakin.. Akhirny pas tnyk yg k3xny sy jwb “tidak”.. Td mbk2ny blng klo prcakapan ny direkam brhub sy takut smua saldo sy lngs sy tarik (Dri pd uang melayang).. Thankz Gan info ny moga2 g ad yg ktipu lg ya

  25. Agus M says:

    Ini terjadi juga dg istri saya..benar benar pintar
    arketing tsb mengecoh kita

  26. buser says:

    gua lebi aneh lagi dalam bulan ini aja uda 10 x di telpon MBAK BNI ITU he,he,he
    dan setiap dia telfon gua bilang AKU GAK IKUUUUUUUUUUT MBAK BNI.
    TAPI ANEH TETAP AJA MEREKA TELFON-TELFON TERUSS,,MSCALL-MSCALL!!!!
    heran dech dengan tawaran asuransi yang satu ini !!!!

  27. anfieldcat says:

    ane nasabah bni sblm nya,ane mo nikah ambil duit di atm bni, saldo mo di tinggali 50 ribu, eh besok ane ditlp tuh ama yg diblang ente, ane blng aje setuju.. Ambil tu potngan tiap bln, duit ane cma gocap.. Ya sampai skr gocap, nabung sih masih tp ditempat laen. Hehehe

  28. klu gue sih udah ikutan program dana pintar udah 4 tahun yg lalu tapi ga papa.kan lagian kita d kirim juga polis/sertipikatnya.trus kita cek ke bni ternyata benar adanya.

  29. mirat says:

    mas mau tnya aku kan sdah dtelpon dan saya sdah mnyetujui.. dan dlam wktu 21 akan dkirim polisnya..tpi bagaimna cara prmbtalannya ya?,,mhon masukannya

  30. novi says:

    huufft….ceritanya sm banget ma aku…udh kena tipu dg “RENCANA PINTAR NYA” memang benar2 pintar…!! 2bln kena potongan RP.186.000;00………..karna takut kena potongan lg akhirnya ku kosongkan taplus ku…..!! Yg anehnya sampe skrg belum di krm2 jg polis nya….itu yg bikin kesal.!! sekarang gak mau lg berurusan dg hal2 yg begituan………

  31. katrin says:

    saya sdh 2x di telp….bener2 pintar banget ngomongnya..hampir saja deal tp untung akal sehat sy msh berjalan…..akhirnya sy bilang sy pikir2 dulu ya dan mau cek dulu kebenarannya…krn pengalaman sy kan ikut program asuransi hrs isi form bermacam2 dan tanda tangan diatas materai….tp yg ini kok simple banget cm via telp aja.tp tetep mbak BNI itu rada memaksa
    thanks ya…infonya. jd ga ketipu deh hehehe

  32. kiki says:

    saya jg baru saja dapat telpon dari BNI Taplus dengan no telp. 02150600061 yg menawari asuransi, dgn potongan 76.000,-. dan saya sudah terlanjur bilang setuju malah sampai 2 kali. Gimana ya cara membatalkannya? saya jadi khawatir kalau ini benar-benar penipuan..

  33. yayayaana/nukahipnotis says:

    enya …nya! kumaha ngabatalkeuna nya? geus dipotong 2x. aah pindah bank kitu. eta kudeukeut bankna. kaduhung nyebut ya. ya. ka si eneng. padahal teu nyaho rupana………………jol
    bank bni teh kalah kerjasama jeung tukang hipnotis atuh nya!

  34. Nova says:

    Tengkiyuuu infonya, td siang ak br dpt tlp yg sama dr ya itu lah sunlife, bilang premi 168rb/bln. Tp udh terlanjur setuju2 aja. Bs minta nmr tlp untuk ngecancle nya g? Soalnya nmr yg 021…. G bs di hub. Klw ke bni nya langsung apa bs di blok tab. Qt? Biar g ke tarik otomatis? Tq sharenya

  35. Miss English says:

    wah…iya bener,,barusan gue di telepon..cape denger mbak2 nya ngoceh.. ini telepon yang ke 2. gue bilang ntar langsung ke bank nya aja deh, biar mau tanya apapun enak..ternyata “ga boleh” alesannya program ini hanya via telepon dan “anda orang yang terpilih mengikuti program ini” ..hahaha…. boong banget…biarin aja mbak2nya ngoceh…kalo udah selesai, langsung tolak..hehe…(maap ya mbak2)
    saran gue, hati2 jangan langsung ambil keputusan,,kecuali memang anda minat ikutan program itu..

  36. mending kl 186.000.ini gw malah mau dipotong 376.000.untung gw bilang mau mikir” dulu.besok katanya mau nlp lg.
    Gimana si BNI?masa data nasabah bisa bocor ke pihak lain

  37. imams says:

    say barusan di tanya kaya di atas ini gan sama mba 2 dari bni pusat ,pas teakhir dia ngomong jadi saya mau konfirmasi anda jadi mulai hari ini anda ikut berlanggan…… dsb
    karena gua males jawab setuju langsung matiin aja.gimana tuh gan apa gua bkalan dibilang masuk program itu apa nga?
    btw thx infonya gan

  38. Zaky amar says:

    Aku jg dpt tlpon,,,, aku konfirmasi ke pihak BNI,, saran dari pihak BNI klo kita dah terlanjur setuju,, opsinya buat ngebatalin nya tutup rekening, pindah buku, transfer saldo ke rekening lain,intinya kosongkan saldo di rekening kita,,biar ndak di potong ma mereka,,,,,,,

  39. natudi says:

    thank all inpoh na….membantu sekali

  40. endah says:

    saya juga baru dapat telp dari BNI dgn no 02129946800, kurang lebih sama dgn cerita diatas. udh terlanjur bilang setuju lagi…aduh jd was-was nih…:(

  41. Sahrul Mubin says:

    astagfirullah hal’adzim,,, seperti yg saya alami ..
    Jebol jebol jebol !!!

  42. Sahrul Mubin says:

    trim’s gan infonya,,, ane jg dpt ne modus, tmn2 ane jg bhkan sdh sjk 4bln jln .
    Aimaaa,,, jebol kt punya saldo pas d’chek .
    Kga jls raibnya, ne kt2 lg rame narik saldo bwt d’pindah kenorek lain biar aman .
    Bwt agan2,,, jgn lg2 dah kena modus bgni (via call) hbt tu si mbak smpe data org tua kt jg dy tau . Waspadalah !!!

  43. Korban Tele says:

    Berang saya dibuat oleh ocehan telemarketer itu: setengah memaksa dan kurang menghargai waktu “calon mangsa”-nya. Baru saja saya bilang “setuju” kpd orang itu. Dan setelah nemu laman ini, sy coba hubungi nomor yg tadi, alhasil gak pernah nyambung, dikirim sms jg tak terkirim. Benar2 culas cara seperti ini. Saya akan konfirmasi ke BNI terdekat, jika terlalu ribet, saya akan tutup buku tabungan. Padahal, dng kerja sama dng pihak asuransi, BNI lambat laun akan ditinggalkan nasabah krn kecewa. Salam, dan hati-hati buat para nasabah, cause telemarketing is bullshit!!! (kecuali jika memang Anda 99% berminat jd polis).

  44. datuheru says:

    bank BCA bermitra dengan asuransi CIGNA melakukan hal yg sama dengan mengatakan program dari BCA, tanpa persetujuan tertulis alias menolak tetap terjadi mendebet ke BCA
    pertanyaannya adalah jenis pemasaran dengan pola ini apakah disebut penipuan atau perampokan?

  45. alex says:

    aduh .untung kebaca ni informasinya.gue udah s7 3x dalam tlpn si mbak bni.tapi syukurlah nggak gue batalin nggak apa2 saldo gue cuman 75rb.terpaksa deh pindah bank.

  46. Parman Tamba says:

    wahhhh terlanjurrrr bilang setuju Gan, setelahhh gw pikir2 wahh gw kok goblok bgt ya cepat2 bilang setuju padahal dia baru 2 kali nelp. kata y polis y dintunggu selama 21 hari, pi ampe skrg lom jg sampe kerumahhhhh. apa yg harus gw lakuin Gan….?

  47. Wa Ode Heni Muja Apryani says:

    yaelah.. udah aku kasih malah nama,alamat,sama nomer hape. tp pas sadar ada yg gak beres,sy matiin telponnya. kira2 udah aman gak yah? saking takutnya rekening langsung sy kosongkan :D

  48. saya barusan di telp, dia lay. polis asuransi pro maxim gt.. untungnya saya bilang engga setuju.. tapi saya udah terlanjur ngasih biodata saya :((
    sempet mikir sih, anehnya dia minta alamat rumah dan notelp saya, ga mungkin BNI ga punya datanya kan?
    saya hanya khawatir aja, kalau2 data itu disalah gunakan atau parahnya uang di tabungan saya juga ikut diambil lagi.. :’(
    gimana nih?

  49. Mihrabhati says:

    Bener2 penipuan byk modus y,,,,,,
    ati2 bgi yg blm kena telp dr yg ngaku2
    polis rencana sehat dr BNI.
    mau d batalin susah bgt pake alasan tggu masa polis 21 hari bs d pikir dlu.
    misal keberatan hubungin kontak kami langsung…
    manis bgt kata2 tp mennyesatkan

  50. arva says:

    skedar sharing ja ni gan,,
    kya’nya klo untuk promosi lewat tlpon sngat ngebantu dah,krna g perlu kluar biaya dn waktu.
    smua itu kn trgantung qta ja saat menerima tlpon,dan klo program’nya tdak cocok tinggal tolak aja.
    “gitu aja ko repot”

  51. nasrial says:

    Jadi ini penipuan ya, seandainy udah masuk pa bisa ∂ï batalin lagi, soalny udah berjalan 1 tahunan, kayak mana ngebatalinnya.

  52. aku juga baru ditelpon tadi sekitar jam 9 sama mas2 yg bilang dari BNI ini..aku juga tanya ko g da brosur / tanda tangan fisik dsb, dia bilang ini layanan khusus, ditanyain ke bank BNI CS nya langsung, aku tanya ko bisa data kita bocor keluar?? terus ko bisa kita ditarik dari rekening?? dapet darimana mereka? si CS cm jwab g tw katanya sistem databasenya gmn.. heran ko bisa gitu ya??terus coba tlp si masBNi yg telpon td tp g nyambung2, akhirnya aku coba tlp ke BNI center nya dan tanya soal polis itu dikasihlah no tlp kantornya dan ditlp balik bilang cancle.. eh 2 jam kemudian msh ditelpon juga, aku blg cancle. nah yg jadi masalah ini bakal aman ga ya rekeningnya? apa harus pindah buku?

  53. mas sam says:

    waduh cilaka gua barusan td siang gue juga di telpon masnya yg ktnya dari sun life dan gue udah bilang setuju waduh bisa dibatalin nggak ya

  54. izan says:

    bushett.. td gw baru saja ditlpn yg ngaku2 dr pihak BNI nawarin program “BNI rencana pinter” dan untung saya ga termakan omongannya si penelpon yg telah capek2 dan panjang lebar ngejelasin produk yg ditawarkan olehnya dengan cara lansung saya cut pembicaraannya karna saya bilang untuk sementara saya ckop di “BNI life”. dlu (saya termasuk anggota “BNI life”) setelah tutup tlpon langsung saya search di paman google dan ternyata bener saja dapat postingan seperti kejadian yg saya alami.. tQ gan krn postingan kalian saya terselamatkan.(manfaat sharing)

  55. erwin says:

    makasih bos info ny,,,,

  56. lyndsay407 says:

    wah..ampe skg msh aza yach tuh modus penipuan kya bgtu…
    10 menit yg lalu ane jg ditlp tuh. ma oknum yg mngatasnamakan BNI…
    krn udh curiga tuh kyax pnipuan..pertama ane biarin aza tuh mazx nyerocos hmpir stngah jam..biz ntu ane tutup dwech tlpx..klo direkam ane takut rekamanx diedit kan paz ane dipastiin ditaxain nma ane blg ” iya”..(aduh jd parno)..

  57. mamas says:

    gan gw barusan ngalamin kejadian persis kayak gini. dan dengan polosnya gw ngasih informasi lengkap alamat lengkap beserta NIK gw. kemungkinan terburuk apa yang bakal gw alamin? ada solusinya?

  58. jhony glenn says:

    Ane jg wktu bln 1 di tlpn sm pihak yg mngatasnamakan dr BNI yah intinya sih asuransi gitu,,,ane udah trlanjur iya iya aja hbs mba,ya nyerocos mulu hmpr stgh jam . Tp ane ngerasa aneh sm program itu coz smpe skrg polisnya gk nyampe2 . Untung saldo di tabungan ane d bwh 100rb truz jd kaga prnh k potong. Aneh, kok bs data kita di BNI bs bocor yah ? Mana asuransinya maksa bnget lagi smpe qt gk ada wktu untuk brpikir “ya” atau “tidak”. Hm,,,

  59. Azis says:

    persiiiiiis gan gw jg kena tipuu ma tuh pnlpon cewe gw dah trlnjur blng stuju.td siang skitar jam 2 nyampe jam 3 simbanya nyrocos trus. makasih gan infonya

    • Zahra says:

      Difikir Pakek Logika ya agan, kalau memang ini penipuan, gak mungkin mbak-mbaknya ngomong kalau akan dipotong, pastinya agan disuruh mentransfer uang ke sebuah rekening. Inipun pemotongan wewenang bni ya gan.

  60. bulan says:

    Barusan saya juga ditelpon.. hati2 lho sekarang tagihan premi mereka masuk ke kartu kredit. Bilang ada kerja sama dengan BNI…

  61. isrum zuhri siregar says:

    thanks infonya
    dari 2010 infomu
    aku baru kena pagi ini
    sekali lagi thanks

  62. milla says:

    duh, barusan, aku dapat telepon dari BNi life gitu , udah setuju si mbak-mbaknya nyebelin banget, nyerocos lagi, gimna cara ngebatalnya bingung… mana, di rek saldonya lumayan lagi…..
    terlanjur nge setujuin…

  63. afwan says:

    ane udah kena nih, tiap bulan saldo dipotong tampa pemberitahuan. ni mo ngurus pemberhentian tapi ribet banget…

  64. Zahra says:

    Agan-agan semua, kalau memang kalian ragu dengan programnya, tanyakan saja ke BNI langsung, atau kunjunungi web resmi langsung, atau cari keyword nama programnya langsung, bahkan langsung aja telvon CS’nya di 500046. Jangan asal menyimpulkan dari sumber yg gak jelas ya…!! Sebagai orang yg diberi akal, kita juga harus bisa berfikir..

  65. Zahra says:

    Dibaca dan dicermati, dan kalau perlu baca satu persatu per-link’nya ya agan2x semua.
    Baru coment.

    http://www.bni.co.id/BankingService/Consumer/Bancassurance/RencanaPintar.aspx

    Ini situs resmi BNI

    • AgraeL says:

      kesimpulannya…
      1. Program asuransi bekerjasama dengan BNI
      2. Program dicantumkan di BNI
      3. Cara penyampaian kurang meyakinkan dikarenakan tidak bertemu langsung.
      4. Cara penawaran bersifat agak memaksa (walaupun bagi yang berkenan)
      5. Etika persetujuan dimonopoli salah satu pihak
      6. Dalam kenyataannya salah satu pihak merasa dirugikan.

      Thx infonya…

  66. suharyanto says:

    Gmn dong klo kita sdh menyatakan setuju pdhl kt tdk tahi

  67. Imam Malik says:

    Ya saya jg kmaren ditelpon saya udah s7 trs gmna solusinya utk mnghindari klo ini penipuan

  68. beberapa hari yg lalu saya juga baru aja ditelp dan menyatakan setuju…
    meskipun akhirnya berfikir ulang dan sedikit menyesal karna gx berfikir panjang dulu… tapi bukan berarti program itu penipuan.. semua yg dikatakan via telp jelas dan detail kok… dan program tersebut benar2 ada di situs resmi BNI baca dech..
    http://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/bancassurance/rencanasehat.aspx

  69. soetardy says:

    Sipp tq infonya-gan–barusan saya ditlpn lg dari kemarin ga nyerah juga tu sitelemarketing—- langsung saya omelin karna telah menggangu privasi saya—ngomong ga ada jedanya hehehe

  70. soetardy says:

    Langsung saya omelin untuk tlp ke 2 x nya—- nyebelin banget ,ngomong ga ada jedanya — karna itu kan privasi kita ___tlp” kita kq hehe

  71. akbar says:

    gw td jg dpt tlp yg sama,program yg sama,tp preminya 300rban/bln slm 10thn.
    Tp untung aja ga gw iyakan.

  72. jzamara says:

    Saya tadi pagi juga dapet telpon dari sun life ini, katanya karena anda nasabah bni yg terpilih, no telp 021 50600618/ 021 50600569 / 021 50600585 dan 021 50600607, no tersebut ada di hp saya karena 3x ngga saya angkat, dan cuma satu nomer yg saya angkat. Ditelpon sekitar jam2 sibuk kerja 9.30 wib.
    Untung nya penawaran tsb langsung saya tolak mentah2.

    Yang saya heran kok bisa2 nya BNI ngasih data nasabah dengan gampang ke pihak lain tanpa persetujuan nasabah?

  73. adhimastra says:

    Sy sama jg kena modus spt ini. Terkena potong 75 rb tiap bulannya oleh salah satu perusahaan asuransi yg kerjasama dg BNI, mungkin hampir 2 tahun dipotong. Karena merasa ga pernah ada pemakaian (klaim) kita hitung2 program itu merugikan kita. Katanya ada yg dikembalikan bila setahun tdk pernah terjadi klaim kurang lebih 25% yg dimasukkan ke rekening kita. Tapi nyatanya diobok2 buku rekeningnya ga ada dana masuk sebesar yg disampaikan via telepon. Lalu tahun lalu (2013 lupa bulannya) sy minta tolong dg karyawan BNI untuk menutup pemotongan dana rekening sy untuk asuransi tsb ….. tau gak susahnya minta ampun, krn ternyata kita harus menghubungi beberapa jalur (hampir 6 atau 8 jalur) yg harus dilalui. Akhirnya ya …. skrg sdh ga ada pemotongan lagi syukurrrrr. Terimakasih sdh diberi ruang untuk ikut menuangkan uneg2 mudah2an tdk ada lagi yg mengalami nasib spt sy.

  74. chairul sofyan says:

    Sy ada rencana mau gugat sunlife dan bni ke pengadilan karena uang tabungan saya habis disedot tanpa ijin. Ga pernah tau ga pernah inget kapan sy join. Mohon dukungan, mohon masukan. Siapa tau makin banyak korban kita bisa tuntut kedua lembaga tersebut dan membuat efek jera mereka. Email saya ndesomania@yahoo.com

  75. Ajib says:

    Gw juga tadi pagi dapat telpon begituan, nomernya ga bisa ditelpon balik, ga terdaftar!
    Dia bilang ini direkam, gw bilang kalau saya juga merekamnya di hape.
    Gw sengaja dengerin dgn sabar hingga panjang lebar sama dengan luas (he he).
    Akhirnya gw bilang berunding dulu dgn keluarga. Buru2 deh dia memutus pembicaraan dgn bilang akan ditawarkan kpd yg lain… ha ha ha egepe!
    Audio Recordnya masih gw simpan.

  76. Arfina Arief says:

    Mirip skali dgn pengalaman sy.

  77. Apa bener ada BNI Asuransi Taplus.. Tadi istro saya dpt tlpon dr 021 50651466 ktny nmr rekening terdaftar secara langsung polis ansuransi BNi Taplus, untuk data polisnya katanya mao dikirem 14 hari kemudian Tolong segera di informasikan apakah informasi tersebut benar…

    • yuhu says:

      saya cuma mw sering buat agan2… gini barusan tanggal 26 april 2014 ini gwe dapat info via sms berisikan bahwa nasabah BNI yth anda mendapatkan cek tunai 27 jt dari bank BNI pin anda 333BDA5G untuk info hub atau klik 021-46217238 http://www.bnitaplus.webs.com. nah dari dulu sampai sekarang gwe dapat sms seperti itu dan nggak pernah mau terbujuk hal demikian, karena berdasarkan buku panduan BNI tidak pernah memberitahukan hadiah nasabah melalui via sms.gwe searching dulu sebelum telfon dia, gwe cek di mbah google.eh ada linknya… ada testimoni22 gthu. tapi saya nggak tinggal diam.

      saya penasaran setelah mendapat sms, saya telfon ke nomer itu, yang ngomong cowok, masak cara ngomongnya nggak tegas,terus ada ketawa-ketawanya..dia minta nama saya, nomer rekening saya. seharusnya kalau BNI pusat otomatis tau donk no rek gwe and cabang BNI gwe. ya nggak sihhh..tapi saya ikuti saja perintah dia,baik mbak selamat mbak mendapatkan hadiah bla bla..secara otomatis nanti akan terkirim uang kerekening mbak dan bisa mbak cairkan di bank BNI.. saya iya in ajah, terus dia suruh saya ke atm dan menghubungi pak gunawan selaku bendahara BNI. nah saya penasaran lagi, saya ingin tau cara dia menipu orang. saya ke atm. saya telfon pak gunawan. yang anehnya suara yang saya telfon pertama tadi sama dengan suara pak gunawan suaranya sama. dia perintah saya masukin atm dan yang anehnya lagi dilayar atmkan ada versi bahasa, indonesia atau english.dia suruh saya tekan bahasa inggris, saya tanya pak kenapa pakai bahasa inggris pakai bahasa indonesia aja. dia bilang ya karena pengaturan yang di kantor pusat kita pakai versi english.pantasan orang bisa uangnya habis di atm karena udah diperintah, pakeg disuruh2 pakek bahasa inggris lagi, ya kalau ngerti, kalau nggak… emang pinter ya penipu itu, ada2 aja caranya supaya dapetin uang. saya ikuti untungnya saya paham bahasa inggris. nah dia suruh saya lagi tuh tekan blaaa bla yang arti bahasa indonya pengecekan saldolah.

      terus dia bilang mbak hadiah yang 27 jt mbak tambahin dengan jumlah saldo mbak terus mbak kurangi dan berapa jadinya saldo mbak.saya bilang lah pak kog belum terkirim, saldonya masih saldo awal saya, saya bilang gthu. ya mbak memang belum terkirim makanya mbak ikut perintah saya. saldo atm mbak berapa dia tanya, saya bilang saja 40 juta,padahal 20 ribu, haahahahha,,, nah hapesaya mati tu pulsa gwe abis, lah malah dia telfon lagi pakek no im3, masak pakek nomer pribadi dia ngngak nomer telfon yang tadi,,, dan dia seperti memaksa, dan nggak tau kenapa atm ku keluar sendiri, saya bilang yah pak atm q keluar sendiri, ya udah masukin lagi ikuti dari awal yah dia bilang,,, lah ujung2nya dia minta transfer,, lah gwe bilang lah pak bukannya saya yang seharusnya mendapat uang kog saya yang mentransfer, nggak luculah, trus bapak ngapain tanya2 saldo saya, kan nggak ada hubungannya. ya udah pak aku langsung ke bank BNI aja yah, kalau keg gini ribet gwe bilang gthu..alasan gwe ajah.. gwe pulang dia telfon2 terus… masak orang mau kasi hadiah tapi kog malah dia sibuk sendiri ya nggak, dia kira gwe bodoh gthu,,,, hahahaha,

      dia ngerjain gwe, gwe juga balik ngeerjain dia. ya udah gwe putuskan ajah, dia telfon terus, gwe matiin, alasan gwe batrei gwe habis, gwe sms lagi bapaknya tuhh, via sms aja pak langkah2nya ngumpung saya masih di atm padahal gwe sudah dikost, dia malah telfon terus,,, aku pengen tau apa2 ja yang dia sms. ehhh malah dia ngggak mau smsin, tak tunggu22, nggak di sms langkah2nya. ya gwe juga nggak bodoh, wong gwe jadi nasabah BNI sejak SMA , ya otomatis nomer hp yang gwe kasi kepihak BNI dulu berbeda. sebelum ke atm mau ku cancel ngerjain dia. tapi penasaran cara dia ngelabui orang itu yang buat gwe tertantang. yah segthulah yang dapat saya sharing buat agan222,

      teman seperjuangan… jangan mudah ditipu daya. tapi kalau agan2 penasaran coba2 aja telfon dan gpp dapat pengalaman, tapi yg takutnya sekarang ntu dah banyak hipnotis melalui telfon. itu yang bahaya, kalau dah kenak gthu, kita yg tadinya cuek bisa manut2 wae setelah ditelfon, jadi ati2 yah gan… sekarang gwe nggak penasaran lagi. sms yang dari SMA dulu mpeg sekarang baru terjawab, setelah dari pengalaman ini… yg paling amannya jangan taruh uang diatm atau punya saldo banyak2 diatm. bahaya. kalau sudah dihipno orang yg sesadar2 tadinya bisa luluh. so jangan mudah percaya. dan kalau takut jangan coba2,,, berhubung saya orangnya jahil dan nakal, dan pengen tau segala hal yah gpp… untuk pengalaman,, ra po po keg lagunya jupe…. hahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. tapi saldo gwe masih 20 ribu ini,,, ada yg mau nambahin nggakkkkkkkkkkkkkkkkk…. wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    • goen says:

      Sorry gan,ku baru di kbarin klau dokumen dkirim ke rumah ortu.pas cek saldo dah ksedot 300rban.gmn cr ngebatalinnya yach?thanks

  78. lisa elicia says:

    Ak juga kena brusan ,kurang ajar yah,,,kita mo nabung ke bank mo aman ternyata bank bs2nya krj sama ma asuransi,mana asuransinya pas tlp mengatasnamakan dr pihak bank lg,itu kan sama aj secara tdk lgsg menipu

  79. suroyoms says:

    Barusan saya juga ditelpon sepertinya sama dengan program tersebut, penjelasan produknya terlalu lama, setelah saya minta untuk dipersingkat penjelasannya, dia bersikeras tidak mau memersingkat penjelasannya dan dia bilang ini telemarketing, saya berusaha untuk menyudahi dengan alasan sibuk dan mengganggu, lain waktu saja disambung lagi,,,,kemudian baru dia menyudahi pembicaraannya,,,,aya….aya wae….ulah marketing?

  80. reni says:

    saya tadi pagi dapat SMS dari no telkomsel yg isinya
    Nasabah Bni Yth anda m-dapatkan cek Tunai 27jt dari Bank BNI pin anda xxxxxxx
    u/info : hub atau klik 021-4474-1512
    http://www.pestapoin-bni.webs.com
    saya sudah hubugi ke no telpon yg 021 tersebut terus yg terima bilang selamat sore bni taplus silahkan sebutkan no pin anda lalu selamat anda mendapatkan undian kelima berupa uang sebesar 27jt silahkan sebutkan no rekening anda ..lalu saya tanya kemereka apa benar undian ini tetapi mengapa menggunakan no telepon seperti telkomsel mereka katakan kita ada kerja sama dengan pihak telkomsel dan no tersebut di rahasiakan .
    yg mau saya tanyakan ini penipuan atau gmana?

  81. mini says:

    astagfirullah….3 hari lalu saya ditelpon dari nomor 021-50600612, ngakunya dari BNI 46 nawarin program BNI Rencana Pintar. mana pas jam kerja, lagi riweuh-riweuhnya..trus, sama kayak yang agan-agan komen di atas..ngomongnya nyerocos…waktu sy tanya ini asuransi BNI ato bukan? karna sy pernah dapat telpon serupa beberapa bulan lalu dari BNI juga ngakunya dan bilang asuransi maka langsung saya tolak..kata mba ini yang ngaku namanya yuli, program ini bukan asuransi, sy cuma wajib menabung Rp.334.000,- per bulan selama 10 tahun dengan manfaat 17 tahun sebanyak 100 juta, diambil bertahap beberapa kali selama 17 tahun tersebut. sy pikir, 334rbx10th sekitar 41 jutaan dengan manfaat sebanyak 100 juta sy rasa tidak rugi-rugi amat..toh ini menabung bukan asuransi..(aduh, sy koq setuju aja sih,huhu…gimana ngga, wong nelponnya jam sibuk kerja n cepet bgt n minta persetujuan dgn desakan gitu..) waktu sy minta nomor kontak yuli ini dia bilang ngga bisa kasih karna pembicaraan ini direkam, klu mo nanya langsung ke call center BNI 021-500046..dan selama sisa hari itu sy coba telpon ngga nyambung-nyambung..akhirnya pertimbangan sy waktu itu nominalnya not bad lah, hitung-hitung nabung..ngga kepikiran buka web.. dan malam ini sy iseng lihat saldo tabungan..begitu sy lihat ternyata sudah didebet sebanyak 334rb..only in 2 DAYS?? wah perampokan ini namanya, sy pikir bakal didebet di awal bulan..mengingat telponnya tglnya 27 maret, skrg 29 maret.. sy langsung tarik tabungan sy n sy pindah ke rekening sy di bank yg lain. sy pikir pasti ada yg ngga beres nih,langsung sy buka web n mendapati kenyataan bahwa sy adalah korban yg kesekian.. trus gimana caranya ya ngebatalin asuransi ini.. kira-kira klu sy komplain ke BNI langsung, tanggapannya apa ya? God…

  82. riska says:

    saya tadi jg dtlp saya blg maaf saya kurang berminat…mbaknya nawarin agak memaksa,ngmg panjang lebar untuk meyakinkan kaya g ada jeda untuk berhenti ngomong,saking jengkelnya saya ngomong dengan terpaksa “ya” dengan harapan mbaknya berhenti ngomong n g maksa nawarin trs. setelah itu dimintain NIK,nama lengkap suami,istri alamat & no tlp dan td disuruh bilang setuju. g lama saya mikir koq masih minta data pribadi, saya nyesel sekali,gimana y solusinya untuk ngebatalin….

  83. wahhh gan… saya telat banget searching nya.. kemarin sore jam 17.30 tanggal 3 april 2014 hari kamis saya juga dapat telfon seperti itu.. berarti kalau belum ada 21 hari di cancel bisa ya gan ??? harusnya hari ini bisa tapi saya pulang kerja jam 5 sore bank sudah tutup… benar gan kemarin kayak kesirep gitu.. huhuhuhu…

  84. ibnupopp says:

    BAGI YANG SUDAH TERLANJUR SETUJU DAN INGIN MEMBATALKAN, BACA DENGAN SEKSAMA!

    1. pertama tama, program tersebut memang benar benar ada kerjasama dari bni dan beberapa perusahaan asuransi, jadi bukan penipuan.
    2. caranya dalam menawarkan program (telemarketing) kurang lazim jadi terkesan jadi kayak “ini beneran apa enggak ya?” menurut saya.
    3. preminya bermacam-macam nominalnya, tapi saya kurang tahu apakah untuk claim asuransi mudah apa susah.
    4. jadi, katakan setuju kalau anda benar benar percaya dan tertarik untuk mengikuti program tersebut.
    5. pertanyaannya sekarang adalah, “lha kalau sudah terlanjur dan ingin membatalkan bagaimana?”

    Begini caranya untuk membatalkan program asuransi kerjasama dengan bni:

    1. karena telefon dari telemarketing itu satu arah (tidak bisa ditelefon balik) coba telefon call center bni, atau kalau ingin lebih jelas datang ke kantor cabang bni terdekat dengan membawa KTP, BUKU REKENING DAN KARTU ATM ANDA
    2. sampai di cs nya bni terdekat jelaskan runtut dari awal tentang permasalahan tadi, jangan lupa NAMA PROGRAM PERUSAHAAN ASURANSINYA, PREMINYA BERAPA, DITELEFON TANGGAL BERAPA JAM BERAPA.
    3. setelah itu anda akan ditanyai tentang data diri anda yang anda isi ketika membuat rekening bni dulu misalnya nama anda, alamat lengkap, nomer telefon anda, nama ibu anda dan saldo terakhir di rekening anda.
    4. kemudian jika data yang anda berikan tadi cocok dengan data anda yang ada di sistem database bni maka anda akan disuruh mengisi formulir pembatalan program asuransi tersebut.
    5. seperti biasa, isi data diri anda, nomor rekening, alamat email anda, nama program perusahaan asuransi, jumlah atau nominal premi, tanggal dan jam anda ditelefon dan tanda tangan anda pastinya.
    6. setelah itu, cs akan membantu untuk mengirimkan email tentang pembatalan program tersebut kepada perusahaan asuransi yangbersangkutan atau ke pihak telemarketingnya. (PERLU DIINGAT, CS HANYA SEKEDAR MEMBANTU, BUKAN PIHAK YANG MEMBATALKAN)
    7. terus? ucapkan terima kasih pada cs, karena urusan anda di sana sudah selesai, tinggal tunggu telefon dari telemarketing lagi terkait pembatalan program dan anda tinggal konfirmasi “setuju” kalau dibatalkan.
    8. “lhah saya sudah beberapa hari kok gak ditelefon telefon ya, bagaimana ini?”
    9. tenang, biasanya (berdasarkan pengalaman saya) anda memang tidak atau memang belum ditelefon, tapi anda akan mendapat sms dari bni tentang KEIKUTSERTAAN anda dalam program tersebut bukan PEMBATALAN dan disuruh menyiapkan premi sebesar dengan yang ditawarkan dan menunggu polis sampai dirumah anda.
    10. “lhoh kemarin kan sudah saya batalkan di cs kantor cabang bni, kok ini malah keikutsertaan?”
    11. memang, menurut saya pihak telemarketing agak “malas” melayani pembatalan program, tapi tenang, dalam sms dari bni tersebut ada nomor kontak dari perusahaan asuransi atau pihak telemarketing.
    12. kali ini anda yang harus menghubungi nomor tersebut kalau benar benar ingin membatalkan program tersebut, siapkan pulsa paling tidak Rp30.000 atau lebih kalau anda melakukan panggilan dari handphone anda, karena pembicaraan anda dengan cs nya akan lama.
    13. kalau sudah tersambung, perkenalkan diri anda dan ceritakan kronologi dari anda ditelefon, sekali lagi ingat nama perusahaan atau program asuransi, preminya berapa. ceritakan kalau anda ingin membatalkan keikutsertaan dalam program tersebut dan sudah menghubungi cs bni dan cs bni sudah mengirimkan email pembatalan.
    14. biasanya nanti akan ditanya kapan kirim email nya, tanggal berapa jam berapa, alamat email nya yang untuk mengirim apa, nanti cs telemarketing BARU akan mau memeriksa apakah ada email pembatalan.
    15. “lhoh itu kan emailnya cs bni bukan email saya, ya saya tidak tahu emailnya apa, gimana dong?”
    16. cs telemarketing: “kalau tidak tahu alamat email yang digunakan untuk mengirim ya kami kesulitan untuk mencarinya pak”
    17. keliatan memang agak “malas” untuk mengurusi pembatalan program, tapi tenang, katakan “cari dengan keyword nama lengkap saya pasti ada dan pasti ketemu!” katakan dengan sopan kalau bisa, kalau tidak bisa itu terserah anda.
    18. setelah itu anda disuruh menunggu agak lama karena cs nya mencari email pembatalan anda tadi dan anda tidak boleh menutup telefon (anda akan diperdengarkan lagu gak jelas)
    19. nah sudah pasti ketemu, setelah itu anda akan ditanyai konfirmasi pembatalan program, katakan dengan mantap dan sepenuh hati bahwa anda “SETUJU” untuk dibatalkan.
    20. kemudian anda sudah bisa tenang karena anda sudah batal dari keikutsertaan program tersebut.
    21. sebelum pembicaraan diakhiri, biasanya anda akan diinformasikan tentang pengiriman pembatalan polis ke rumah anda, tenang anda tidak perlu melakukan apa apa lagi setelah polis sampai ke rumah anda karena surat itu hanya sekedar pemberitahuan tentang pembatalan.
    22. setelah itu pembicaraan akan ditutup namun sebelum itu anda akan ditawari untuk mengikuti survei lewat telefon tentang program tersebut, terserah anda apakah akan ikut survei tersebut, anda akan disodorkan beberapa pertanyaan tentang program tersebut kalau anda ikut survei, kalau tidak ya langsung tutup saja telefon anda.
    23. beberapa hari setelah itu anda akan mendapat sms pemberitahuan dari bni bahwa anda sudah batal dari keikutsertaan program tersebut.
    24. anda boleh benar benar tenang sekarang.

    itu tadi langkah langkah pembatalan dari keikutsertaan program asuransi yang bekerjasama dengan bni berdasarkan pengalaman saya pribadi, semoga bermanfaat.

    perlu dicermati sekali lagi bahwa program tersebut memang benar benar ada dan bukan penipuan, jadi ikut serta jika anda benar benar tertarik, tolak jika anda memang tidak tertarik dan batalkan secepat mungkin kalau anda sudah terlanjur setuju dan ingin membatalkan

  85. yoyo says:

    Thank you gan.. Ane juga baru aj d tlpon

  86. bener banget gan.. kemarin runtutan nya juga gitu.. tapi bedanya sana nya yang telfon saya buat nanyain apa benar saya membatalkan ikut program asuransi itu.. mpe kayak maksa maksa gitu buat saya mengurungkan niat batalin.. tapi dasarnya saya udah bete duluan, suara saya sampai saya kerasin dan tegasin kalo saya benar benar pengen membatalkannya gan.. iya saya disuruh ikut menjawab survei survei nya gan tapi telfon langsung saya tutup karna setekah saya kerasin dan tegasin tadi pihak asuransi sana setuju untuk membatalkan asuransi saya..

  87. tity says:

    Saya brsan ∂ï telpon jga gan,,,tp pas dy nanya se7 tw g’ nya saya bilang gak se7,,,tp alamat saya,no hp,dy Ʊϑah tw..
    ǰάϑΐ gimna tu gan,,apakah msih ∂ï potong gak tu gan,,,

  88. Aci Tidore Aci says:

    Saya juga gan udah 6bln berlanggan tp blum dpt dokumen polisnya jd binggung bgm cranya gan mohon pencerhan……. bangkrut …….

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

